Rabu, 01 Mei 2024

LA 1 MODUL 3 P2



MODUL 3
PERCOBAAN 2 
1. Prosedur
 [Kembali]
  1.  Rangkai semua komponen sesuai kondisi yang dipilih
  2.  buat program di aplikasi arduino IDE
  3.  setelah selesai masukkan program ke arduino (Verify and Upload)
  4.  jalankan program pada simulasi dan cobakan sesuai dengan modul dan kondisi
  5.  Selesai
2. Hardware dan diagram blok [Kembali]
      a. hardware


1. Arduino Uno

Spesifikasi Arduino Uno:


2. Dipswitch
Spesifikasi:
Slide Type, Tin Plated, SPST DIP Switch Series
Spesifikasi Teknis:
- Contact Resistance = 50 - 100 M{o}
- Contact Rating = 24VDC, 25mA at Make & Brake
50VDC, 100mA at Steade State

3. Seven Segment


Spesifikasi: 
- Jumlah digit 1 - Warna : Red Super Bright - Common : Anoda - Dimensi : 5" (inch)

            b. Digram Blok



3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip kerja [Kembali]

A. Gambar Rangkaian


     
PRINSIP KERJA
Master:
Master Arduino memiliki tanggung jawab untuk membaca keadaan tombol dan mengirimkan pesan ke Arduino slave berdasarkan keadaan tersebut. Setiap kali loop dijalankan, Master Arduino membaca tombol-tombol yang terhubung, mengidentifikasi dua tombol yang ditekan, dan mengirimkan dua digit berbeda ke Arduino slave melalui SPI. Ketika dua tombol telah dipilih, nilai dari tombol-tombol tersebut disimpan dalam variabel `digit1` dan `digit2`. Setelah itu, Master Arduino mengirimkan kedua digit tersebut ke slave melalui koneksi SPI. Kemudian, Master Arduino menunggu selama satu detik sebelum mengulangi proses tersebut.

Slave:
Arduino slave, di sisi lain, bertanggung jawab untuk menerima pesan dari Master Arduino dan menampilkan dua digit yang diterima secara bergantian pada display. Ketika pesan diterima melalui koneksi SPI, ISR akan diaktifkan. Di dalam ISR, slave menerima dua byte secara berurutan dari master dan menyimpannya dalam variabel `Slavereceived1` dan `Slavereceived2`. Selanjutnya, dalam loop, slave memanggil fungsi `displayCharacter()` dengan dua nilai yang diterima dari master untuk menampilkan dua digit secara bergantian pada display. Setelah menampilkan digit pertama, slave menunggu sebentar sebelum menampilkan digit kedua. Proses ini berlanjut sehingga display pada slave akan menampilkan dua digit yang dikirim dari master secara bergantian saat dua tombol aktif pada master.

4. FlowChart [Kembali]

a. Listing Program

Arduino Master: 
//Master Arduino
#include<SPI.h> //Library for SPI
int dip[] = {2,3,4,5,6,7,8,9};
int dipvalue[] = {};
void setup (){
 Serial.begin(9600); //Starts Serial Communication at Baud Rate 115200
 for(int i = 0; i < 8; i++){
 pinMode(dip[i], INPUT_PULLUP);
 }
 SPI.begin(); //Begins the SPI commnuication
 SPI.setClockDivider(SPI_CLOCK_DIV8); //Sets clock for SPI communication at 8 (16/8=2Mhz)
 digitalWrite(SS,HIGH); // Setting SlaveSelect as HIGH (So master doesnt connnect with
slave)
}
void loop(void){
 byte Mastersend;
 int x = 1;
 for(int i = 0; i < 8; i++){
 dipvalue[i] = digitalRead(dip[i]);
 if(dipvalue[i] == LOW){
 x = dip[i];
 }
 }
 digitalWrite(SS, LOW); //Starts communication with Slave connected to master
Mastersend = x;
 Serial.println(Mastersend);
 SPI.transfer(Mastersend); //Send the mastersend value to slave also receives value from slave
 delay(1000);
}

Arduino Slave:
//Slave Arduino:
#include<SPI.h>
const int segmentPins[] = {9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2};
volatile boolean received = false;
volatile byte Slavereceived;
int index;
void setup(){
 Serial.begin(9600);
 for (int i = 0; i < 8; i++) {
 pinMode(segmentPins[i], OUTPUT);
 }
 SPCR |= _BV(SPE); //Turn on SPI in Slave Mode
 SPI.attachInterrupt(); //Interuupt ON is set for SPI commnucation
}
ISR (SPI_STC_vect){ //Inerrrput routine function
 Slavereceived = SPDR; // Value received from master if store in variable slavereceived
 received = true; //Sets received as True
}
void loop(){
 Serial.println(Slavereceived);
 if(received){//Logic to SET LED ON OR OFF depending upon the value recerived from master
 displayCharacter(Slavereceived);
 delay(1000);
 }
}
void displayCharacter(int ch) {
 byte patterns[10][7] = {
 {0, 0, 0, 0, 0, 0, 1}, // 0
 {1, 0, 0, 1, 1, 1, 1}, // 1
 {0, 0, 1, 0, 0, 1, 0}, // 2
 {0, 0, 0, 0, 1, 1, 0}, // 3
 {1, 0, 0, 1, 1, 0, 0}, // 4
 {0, 1, 0, 0, 1, 0, 0}, // 5
 {0, 1, 0, 0, 0, 0, 0}, // 6
 {0, 0, 0, 1, 1, 1, 1}, // 7
 {0, 0, 0, 0, 0, 0, 0}, // 8
 {0, 0, 0, 0, 1, 0, 0} // 9
 };
if ((ch >= 0 && ch <= 9)) { // Get the digit index (0-9) from the character int index = ch; // Write the pattern to the segment pins for (int i = 0; i < 7; i++) { digitalWrite(segmentPins[i], patterns[index][i]); } } }


b. Flowchart


5. Video Demo [Kembali]


6. Kondisi [Kembali]

PERCOBAAN 2 KONDISI SESUAI DENGAN MODUL 2

8. Download File [Kembali]

Download HMTL Klik disini
Download Program Arduino Mater Klik disini
Download Program Arduino Slave Klik disini
Download Video Simulasi Klik disini
Download Datasheet ARDUINO UNO klik disini
Download Datasheet Dipswicth klik disini
Download Datasheet Seven Segment klik disini



















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Modul 4 [menuju akhir] [KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA] DAFTAR ISI 1. Pendahuluan 2. Tujuan 3. Alat dan Bahan 4. Dasar Teori 5. Percobaan Percob...